Selasa, 01 Februari 2011

BKKBN PROVINSI JAWA TIMUR BANGGA DENGAN LUMAJANG

[Lumajang.go.id] BKKBN Provinsi Jawa Timur, merasa bangga dengan pelaksanaan program Keluarga Berencana di Kab. Lumajang. Itu sebabnya, Selasa Pagi ( 1/2 ) Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur, H. Muhammad beserta rombongan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Lumajang. Di samping itu, kehadirannya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tokoh masyarakat dan seluruh akseptor KB yang telah mendukung program KB selama ini. Rombongan BKKBN tersebut diterima Wakil Bupati di ruang Mahameri Kantor Bupati.

Kepala BKKBN Jawa Timur, lebih jauh mengungkapkan, capaian akseptor KB di Jawa Timur dan Kab. Lumajang, cukup baik. Misalnya saja, peserta KB yang menggunakan alat kontrasepsi spiral atau IUD, peningkatannya cukup baik selama tahun 2010 yang lalu. Dari target yang ada, capaiannya sekitar 95 %. Peningkatan tersebut, bukan hanya di Kab. Lumajang, tetapi juga di hampir seluruh daerah di Jawa Timur. Pelayanan KB selama ini, masih mengikuti pilihan masyarakat. Artinya, peserta KB berhak memilih alat kontrasepsi yang akan digunakannya.

Keunggulan spiral atau IUD itu, kata H. Muhammad, banyak sekali. Selain non hormonal, juga memiliki kemampuan mencegah kehamilan dalam waktu jangka panjang. Bahkan, sampai puluhan tahun, tanpa disibukkan dengan meminum pil KB dan sebagainya. Di samping itu diperlukan biaya untuk ikut KB dengan alat kontrasepsi spiral ( IUD ) terbilang lebih rendah jika dibanding dengan yang lainnya, seperti suntik, pil dan sebagainya.

Dalam kesempatan itu, Kepala BKKBN sempat menyinggung kepesertaan kaum pria di dalam program KB. Sampai sekarang, peserta KB lebih banyak didominasi kaum perempuan. Sedangkan, kaum pria relatif sedikit. Alat kontrasepsi untuk kaum pria hanya sedikit pilihannya. Selain kondom, yang masih jarang akseptornya, adalah MOP (modus operasi pria) atau yang biasa dikenal dengan vasektomi. Ber-KB dengan model ini, tidak ada efek samping. Bahkan, bagi pria, MOP dapat meningkatkan kejantanan para suami. (sl)

Comments :

0 komentar to “BKKBN PROVINSI JAWA TIMUR BANGGA DENGAN LUMAJANG”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Lumajang City

Template by Lumajang City | My Scool

By: Suhartono. 19-Januari-2010/ 20:40 "Makassar"